MENGGUNAKAN PEWANGI UNTUK MENGHILANGKAN BAU APEK

 

Menggunakan Pewangi

Seringkali menemukan pakaian yang memiliki bau tak sedap padahal baru saja dicuci. Banyak hal bisa menjadi penyebabnya misalnya penyimpanan pakaian yang salah, mengeringkan yang tidak sempurna, perendaman yang terlalu lama dan penggunaan detergen terlalu banyak. Biasanya yang terjadi pada pakaian saya karena kurang sempurnanya pengeringan terutama disaat musim penghujan. Jika baju tidak dikeringkan dengan sempurna akhirnya baju menjadi lembab dan mikroorganisme yang ada menimbulkan bau tak sedap pada pakaian saya. Biasanya yang saya lakukan pada baju seperti ini adalah mencuci ulang dan menjemurnya lagi dengan sempurna sampai benar-benar kering meskipun tidak terkena matahari langsung. Namun tak jarang juga meski sudah saya cuci ulang pakaian masih memiliki bau apek. Jika sudah begini ada beberapa cara yang saya lakukan, berikut ini cara menghilangkan bau apek yang sering saya lakukan :

1. Cuci menggunakan air panas

Meski ini cara menghilangkan bau apek pada baju yang mudah, tapi juga harus berhati-hati ya. Sebaiknya baca label pakaian atau ketahui jenis bahan pakaian. Tujuannya untuk mengetahui apakah pakaian Anda bisa terkena air panas atau tidak. Karena jika proses ini dilakukan sembarangan, bukannya tak mungkin malah merusak serat pakaian. Sebelum menggunakan air panas, basahi pakaian dengan air bersuhu biasa lebih dulu ya. Setelah itu, barulah direndam ke air panas yang sudah diberi deterjen sebelumnya. Rendam pakaian selama lebih kurang 30 menit, lalu baru dicuci seperti biasa, dan jangan lupa pula untuk menggunakan pewangi.

2. Rendam di larutan deterjen 

Jangan salah, larutan deterjen di sini bukan larutan biasa tapi sebaiknya dicampur dengan bahan lainnya. Tapi tenang saja, bahan yang digunakan juga aman dan gampang didapat kok. Gunakan campuran lemon, selain dikonsumsi, khasiat lemon memang banyak sekali dan bisa digunakan untuk berbagai hal, mulai dari perawatan tubuh, rambut hingga bisa juga digunakan menghilangkan bau apek pada baju dengan cepat. Gunakan setengah gelas air perasan lemon ditambah 1 sendok takar deterjen lalu larutan keduanya bisa digunakan untuk merendam pakaian. Pastikan membilas pakaian hingga benar-benar bersih dan aroma tak sedap hilang. Perhatikan pula instruksi cara merendam pakaian di kemasan deterjen. Setelah dicuci, usahakan langsung jemur di bawah sinar matahari, namun jika tidak memungkin, menjemur di dalam ruangan pun tak masalah selama pakaian tidak dibiarkan menumpuk di dalam mesin cuci atau ember.


Selain cara di atas tentunya saya selalu menggunakan pewangi pakaian. Menggunakan pewangi pakaian juga sebagai bentuk pencegahan agar baju tidak bau apek. Ada pewangi pakaian favorit yang tidak pernah absen selalu membuat pakaian saya wangi, yaitu pewangi pakaian royale soklin. Meskipun sudah menggunakan pakaian seharian tetapi pakaian saya tetap segar dan harum. Pewangi ini memang sangat enak karena aromanya sangat segar dan tentunya tahan lama. Beberapa varian soklin yang saya suka adalah starry night dan black velvet. Saya selalu stock pewangi ini dirumah, jika habis biasanya saya selalu beli di royalebysoklin.com atau langsung ke minimarket terdekat.

SHARE

About Ayead Gaptek

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment