Terapkan 6 Trik Ini Agar si Kecil Mau Merapikan Mainan Sendiri!

Anak Merapikan Mainan
 Sumber: pinterest.com

Anak-anak memang sangat suka mainan. Bahkan ada sebagian orang tua yang memberikan si kecil berbagai aneka jenis mainan untuk membuatnya senang. Selain untuk menghibur anak, mainan juga dapat membantu tumbuh kembangnya agar lebih optimal, terutama pada usia balita. Lewat mainan, anak bisa melatih berbagai kemampuan motorik, linguistik, kognitif dan lain sebagainya. 

Namun saat anak bermain dengan mainannya, rumah jadi tampak berantakan dan kerap membuat orang tua lelah untuk merapikannya. Untuk itu, jangan mengomeli si kecil untuk membereskan mainannya mom’s, sebenarnya ada beberapa cara untuk melatih anak agar mau membereskan kembali mainannya sendiri lho. Simak tipsnya berikut ini!


1. Jadilah Contoh yang Baik pada Anak

 
Contoh Baik Anak
Sumber: pinterest.com

Anak umumnya akan sering meniru sesuatu yang dilakukan orang tua dan orang terdekatnya. Oleh karena itu, sebagai orang tua kamu harus memberikan contoh yang positif untuk anak. Dimulailah dengan merapikan barang kamu sendiri. Si kecil yang awalnya hanya melihat, nantinya akan meniru dan melakukannya pada barang-barang yang mereka punya.

2. Sediakan Tempat Khusus

 
Tempat Anak
Sumber: pinterest.com

Menyimpan mainan secara teratur dan terpisah akan membiasakan anak untuk mengambil dan merapikan kembali mainan ke tempat yang mereka ambil. Misalnya, masing masing mainan disimpan di wadah khusus sesuai dengan jenisnya, seperti mobil-mobilan Tomica, boneka dan sebagainya. Ini akan membangun kedisiplinan si kecil agar terbiasa membereskan mainan yang mereka punya ketempat asalnya. 

3. Kurangi Mainan Anak

 
Kurangi Mainan
Sumber: pinterest.com

Meski anak sangat suka mainan, tapi ada baiknya berikan batasan juga. Kamu harus bisa membatasi mainan si kecil, jika dirasa mainannya terlalu banyak, menyumbangkan beberapa mainan yang sudah lama mungkin bisa kamu lakukan. Jumlah mainan yang sedikit bakal memudahkan anak saat ingin merapikan mainannya.

4. Buat Sanksi pada Anak

 
Sanksi anak
Sumber: pinterest.com

Agar anak mau merapikan mainannya sendiri kamu mungkin bisa memberikannya sanksi. Namun, sanksi disini bukanlah menghukum fisik anak hingga membuatnya takut ya, mom’s. Tapi, sanksi seperti tidak memperbolehkan si kecil memainkan mainan selama seminggu jika tidak membereskan mainan. Cara ini terbilang cukup ampuh agar anak mau membereskan mainannya.

5. Berikan Alasan tentang Pentingnya Merapikan Mainan

 
Merapikan Mainan Anak
Sumber: pinterest.com

Saat anak mulai happy dengan mainan-mainannya, maka kamu perlu memberikan penjelasan mengenai aturan membereskan mainan. Kalau anak masih usia balita, peraturannya dibuat sesederhana saja, yakni dengan memasukkan mainan ke dalam ranjang mainan. Namun untuk anak yang mulai besar, buatlah peraturan yang lebih spesifik, misalnya semua mainan di tata rapi atau disimpan di dalam kotak sesuai dengan jenisnya.

6. Lakukan dengan Cara Seru

 
Seru
Sumber: pinterest.com
Membereskan mainan memang bukanlah kegiatan yang menyenangkan, namun kamu bisa meningkatkan semangat anak untuk merapikan mainan dengan cara yang lebih seru. Contohnya, buatlah kompetisi membereskan mainan sampai 5 menit. Pakai stopwatch di smartphone supaya anak dapat melihat waktu yang tersisa buat merapikan mainan. Kalau si kecil bisa membereskan mainan dengan waktu kurang 5 menit, kamu bisa memberikannya sebuah hadiah agar anak makin happy, memberikan es krim atau pancake favoritnya mungkin bisa jadi ide menarik. 

Semoga langkah-langkah di atas bisa membantu kamu untuk mengajari anak agar  mau membereskan mainannya sendiri ya, mom’s. Jangan lupa untuk selalu mengapresiasi mereka, meski sekecil apapun yang sudah anak lakukan. Dengan bentuk apresiasi seperti ini, akan membantu anak untuk terus termotivasi buat melakukan sesuatu yang lebih baik.
SHARE

About Ayead Gaptek

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment