3 Tips Atasi Penyebab Bayi Tidur Gulang Guling di Malam Hari

Foto Bayi Tidur

Bayi yang baru lahir memang sering kali belum memiliki jadwal tidur yang tetap, sehingga masih sering terbangun di malam hari. Tidak hanya itu, beberapa gangguan tidur juga sering dialami oleh si kecil sehingga cukup menyulitkannya untuk terlelap. Implikasinya para orang tua juga harus begadang menemani si kecil yang terjaga. Penyebab bayi tidur gulang guling ini dapat diatasi dengan beberapa tips jitu. Yuk intip selengkapnya di bawah ini!

Tips Jitu Atasi Penyebab Si Kecil Gelisah dalam Tidur
1. Ajak si Kecil Beraktivitas
Setiap orang memang memiliki Batasan waktu tidur, begitu pula dengan bayi yang memiliki waktu tidur sekitar 14 sampai 16 jam. Waktu ini terbagi atas malam dan siang hari, sehingga kebutuhan tidur si kecil harus terbagi dengan baik. Hindari untuk membiarkan si kecil tidur terlalu lama di siang hari, sehingga sulit membuatnya tidur di malam hari. Hal ini dapat menyebabkan buah hati anda sering terbangun dan terjaga sepanjang malam.

Efek tersebut yang langsung anda rasakan sebagai orang tua, tetapi ada pula dampak buruk yang dirasakan oleh si kecil. Perkembangan otak dan pelemasan tulangnya menjadi buruk karena tidur terlalu sering. Mengatasi penyebab bayi tidur gulang guling ini dapat dilakukan dengan mengajaknya beraktivitas di siang hari, agar energi yang masuk ke dalam tubuh bisa tersalurkan. Selain itu, kegiatan di luar juga dapat memberikan asupan cahaya matahari.

2. Memberi Aromaterapi 
Beberapa penelitian telah membuktikan efektivitas dari aromaterapi pada kualitas tidur. Aroma yang sangat menangkan dapat dipakai sebagai relaksasi, sehingga anda dapat tidur dengan lebih nyenyak. Oleh sebab itu, banyak pakar anak yang menyarankan untuk memberi aroma wangi pada tubuhnya bila ingin si kecil tidur dengan nyenyak. Cara satu ini tidak ada salahnya bila ingin anda coba pada saat buah hati sulit tidur.

Memberikan wewangian atau minyak minyak yang wangi pada tubuh bayi ini dipandang sebagai tradisi turun temurun. Tidak hanya itu, bahkan juga membuat tubuh hangat. Atasi penyebab bayi tidur gulang guling dan tidak nyenyak ini cukup jitu. Salah satu buktinya, si kecil dapat tidur pulas setelah anda mandikan dan diberi minyak minyakan. Aroma yang wangi ini terbukti dapat memberikan kenyamanan dan memengaruhi emosi si kecil.

3. Suasana Tidur yang Nyaman
Apakah anda dalam fase kebingungan karena gangguan tidur si kecil tidak berkurang padahal seluruh cara telah dilakukan? Ada satu hal mendasar yang sering kali dilupakan oleh para orang tua, yaitu kenyamanan. Kamar tidur yang nyaman jadi salah satu kunci agar tidur nyenyak, baik bagi orang dewasa maupun bayi. Oleh sebab itu, anda harus memastikan kamar tidur si kecil berada dalam kondisi yang nyaman.

Beberapa hal yang harus dipastikan, antara lain bantal, tempat tidur, dan selimut yang bersih. Selain itu, cara jitu mengatasi penyebab bayi tidur gulang guling juga dari kebisingan di sekitar kamar. Pastikan ruang tidur si kecil jauh dari kebisingan agar tidurnya tidak terganggu. Yang tidak kalah penting, kamar tidur buah hati anda harus bebas dari nyamuk yang dapat mengganggu tidurnya. Nyamuk ini juga dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya.

Tidur yang nyenyak memang sangat penting karena berpengaruh pada kualitas tidur. Begitu pula yang dialami oleh si kecil, sehingga gangguan tidur harus segera diatasi. Terdapat tiga cara jitu yang dapat anda coba, yaitu ajak si kecil beraktivitas di siang hari agar tidur lelap di malam hari, berikanlah aromaterapi sesaat sebelum tidur, dan buatlah suasana yang nyaman di kamar tidurnya. Manakah yang sudah anda coba terapkan pada si kecil?
SHARE

About Ayead Gaptek

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment