Mengenal Metode Dewatering Konstruksi Open Pumping

Jasa Dewatering Tambang

Pembangunan konstruksi sebuah gedung tidak hanya mempertimbangkan aspek material saja. Lahan yang digarap pun harus diketahui karakteristiknya. Salah satu faktor yang bisa mengurangi kekuatan konstruksi adalah munculnya rembesan pada struktur bangunan. Untuk mengatasinya, penyedia jasa dewatering tambang dan  konstruksi akan membebaskan area tersebuut dari aliran air serta menjaga kestabilan tanah. Dengan begitu proses pembangunan gedung tidak akan mengalami kendala. Dan juga kondisi konstruksi bisa lebih tahan lama.

Ada banyak manfaat dewatering pada pengerjaan konstruksi. Menurut sumber yang didapat dari https://sewatama.com/id/, kurang lebih ada 3 manfaat utama Dewatering. Pertama, mencegah perembesan air baik pada bagian dinding maupun permukaan bangunan. Yang kedua, memperbaiki kestabilan tanah terutama yang berada disekitar area konstruksi. Yang ketiga, mencegah terjadinya penggembungan tanah akibat debit air didalamnya yang berlebihan. 

Dari sekian banyak metode Dewatering yang dapat digunakan, Open Pumping menjadi salah satu yang populer. Metode ini cukup mudah digunakan. Open Pumping bisa diaplikasikan pada tanah yang memiliki karakter berkohesi, mempunyai gradasi yang baik, serta padat. Sementara selokan atau sumur juga harus disiapkan sebagai tempat pembuangan air tanah yang sudah dipompa.

Jasa dewatering konstruksi mengaplikasikan metode ini dengan mengumpulkan air tanah serta rembesan yang terdapat pada bagian tepi galian. Alat yang dipakai untuk memompa air keluar dari galian disebut kolektor. Selanjutnya air akan langsung dibuang ke selokan ataupun area penampungan yang telah disediakan.

Open Pumping merupakan metode Dewatering yang bisa dikatakan cukup murah. Pengeboran tidak perlu dilakukan selama proses pengumpulan air tanah. Dengan begitu, proses Dewatering tidak akan memberikan dampak buruk bagi sumur warga sekitar. Selain itu, pengerjaannya juga memerlukan waktu yang cukup singkat. Prosesnya hanya menggunakan satu pipa saja yang dipasang pada lubang penampungan air.

Namun  sayangnya, tidak semua tanah cocok dengan metode Open Pumping ini. Sebab itulah, sebelum melakukan pengerjaan, jasa dewatering konstruksi akan melakukan uji coba terlebih dahulu. Mengetahui karakter tanah dan debit air didalamnya juga sangat penting untuk menentukan metode dewatering mana yang sesuai.  
SHARE

About Ayead Gaptek

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment