Mengenal Hipnoterapi, Metode Rehabilitasi Mental dengan Penyembuhan Paling Cepat

Hipnoterapi

Rehabilitasi mental merupakan salah satu cara pengobatan bagi penderita gangguan mental. Ada banyak teknik terapi yang biasanya diterapkan, mulai dari pemberian obat-obatan, psikoreligius, metode akupuntur hingga hipnoterapi. 

Namun, diantara beberapa metode terapi tersebut, hipnoterapi dinilai sebagai metode rehabilitasi mental yang paling cepat dan efektif dalam menyembuhkan pasien. Agar lebih mengetahui apa itu hipnoterapi, yuk simak ulasan di bawah ini yang kami rangkum dari http://gumilar.net/

Hipnoterapi Sebagai Terapi Rehabilitasi Mental
Hipnoterapi sendiri biasanya dilakukan dengan mempertemukan antara penderita gangguan mental dengan hypniterapist. Dalam terapi ini, pasien akan diajak berdiskusi sehingga terjadi komunikasi dua arah. 

Jadi hipnoterapi bukanlah terapi yang memaksakan pasien untuk menerima sugesti dan menuruti keinginan dari hypniterapist. Setelah adanya komunikasi timbal balik ini,diharapkan pasien memiliki keinginannya sendiri untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya. 

Umumya hipnoterapi ini tidak membutuhkan waktu yang cukup lama dan tergolong lebih singkat dibandingkan dengan terapi konvensional pada umumnya. Jika misalnya, terapi konvensionalmembutuhkan setidaknya 12 kali pertemuan agar penyembuhan bisa berhasil. Maka metode rehabilitasi mental ini hanya dilakukan dengan 1 atau 2 kali pertemuan saja untukmengatasi masalah kecemasan pada seseorang yang mengalami gangguan mental.

Hipnoterapi tidak bertujuan untuk melemahkan pikiran seseorang. Justru sebaliknya, hipnoterapi bisa menumbuhkan semangat seseorang dan membangkitkan kembali kekuatan pikiran pasien. Dengan kondisi ini, mereka akan lebih mandiri dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya sehingga tujuan yang diinginkan pasien bisa lebih mudah tercapai.

Cara Kerja Hipnoterapi untuk Mengatasi Gangguan Mental
Tujuan dari hipnoterapi ini adalah untuk menghapus program di pikiran bawah sadar agar perubahan hidup yang dialami oleh pasien berasal dari dirinya sendiri. Sebagaimana jumlah pikiran sendiri sebenarnya ada tiga bagian yaitu pikiran sadar, pikiran bawah sadar dan pikiran tidak sadar. Kebanyakan orang berpikir bahwa pikiran sadar digunakan untuk melakukan tindakan lain. Sedangkan metode rehabilitasi mental ini memanfaatkan pikiran bawah sadar.

Pikiran sadar adalah bagian pikiran yang selalu bersifat logis dan rasional dan bisa digunakan untuk menciptakan keinginan agar mau berubah. Namun, ternyata keinginan saja tidak cukup untuk mewujudkannya, apabila bertentangan dengan program yang sudah tersimpan dalampikiran bawah sadar. Maka perubahan tersebut akan sulit terlaksana.

Sedangkan pikiran tidak sadar merupakan pikiran yang digunakan untuk mengendalikan sisitem kerja tubuh secara otomatis seperti detak jantung, penyembuhan luka,sirkulasi darah, pernafasan dan sistem otomatis lainnya. Pikiran tidak sadar akan tetap bekerja meskipun kondisi tubuh sedang tertidur. Sedangkan pikiran bawah sadar merupakan bagian yang paling dominan dalammengendalikan keinginan seseorang. Mulai dari kebiasaan, perasaan hingga mmeori permanen.

Maka dari itu, untuk merubah keinginan seseorang maka memori yang sudah tertanam di alambawah sadar harus segera digantikan dengan memori yang baru seperti halnya penerapan dalam metode rehabilitasi mental ini. Menurut pendapat tokoh psikolog bahwa sebagian besar tindakan manusi dikendalikan oleh alam bawah sadar dan bukan berdasarkan pikiran sadarnya. Hal ini dikarenakan pikiran bawah sadar merupakan tempat menyimpan semua memori manusia.

Manfaat Hipnoterapi Bagi Pasien
Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh pasien ketika melakukan hipnoterapi. Namun, dalam catatan bahwa prosedur yang diterapkan dalamhipnoterapi tersebut sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Berbagai permasalahan yang bisa diatasi dengan hipnoterapi antara lain kecemasan, ketakutan, penyalahgunaan obat-obat terlarang, insomnia, gangguan komunikasi serta rasa depresi yang berlebihan.

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan mental, ternyata hipnoterapi juga memiliki dampak yang positif bagi kesehatan tubuh. Adapun masalah tubuh yang bisa diatasi dengan hipnoterapi yaitu rasa nyeri, migrain, masalah pencernaan, hingga masalah kulit. Mungkin ada efek samping yang dialami seperti pusing,sakit kepala dan cemas. Anda tidak perlu khawatir karena efek tersebut akan hilang setelah metode rehabilitasi mental ini selesai dilakukan.

Hipnoterapi merupakan jenis terapi yang menggunakan pikiran bahwa sadar menghilangkan program yang sudah tertanam sehingga seseorang punya keinginan untuk merubah. Banyak manfaat yang diperoleh dariterapi ini baikdari segikesehatan mental maupun kesehatan tubuh. Namun, dalam memilih terapis,pastikan bahwa ia sudah ahli dan cukup berpengalaman agar hasilnya lebih maksimal, seperti hipnoterapi yang dilakukan di pondok pesantren Nurul Firdaus.
SHARE

About Ayead Gaptek

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment