Yuk jalan jalan tanpa macet dari Jakarta ke Bandung supaya liburan benar-benar jadi menyenangkan

Jakarta Bandung

Bandung merupakan destinasi wisata populer saat libur tiba, selain lokasinya yang dekat dengan kawasan ibukota, juga karena Bandung merupakan pusat aneka jajanan kuliner yang enak-enak dan juga pusat factory outlet yang menjual berbagai koleksi baju terkini yang ngetrend dan yang bisa didapat dengan harga yang miring, pemandangan alamnya juga indah, banyak pula spot foto yang menarik di sana. Tak heran jika pada saat akhir pekan jalanan ke arah Bandung dari Jakarta pun selalu saja macet, namun hal ini dapat diatasi jika menggunakan moda transportasi kereta api. Jadi tak perlu merasa bete merasakan macetnya jalanan. Yuk jalan jalan tanpa macet dari Jakarta ke Bandung. Berikut ini adalah beberapa kereta api yang bisa dipesan untuk rute Jakarta Bandung.

Kereta Api Argo Parahyangan Jakarta Bandung
Kereta api ini sering disebut sebagai kereta Gopar. Kereta api Argo Parahyangan dioperasikan dengan frekuensi yang cukup tinggi tiap harinya menempuh jarak sekitar 170 kilometer, pulang pergi. Sejak Oktober 2019 PT. KAI telah meluncurkan Kereta api Argo Parahyangan Excellence yang memiliki waktu tempuh lebih cepat dari yang sebelumnya 3 jam tiga puluh menit  menjadi hanya 2 jam 50 menit saja. Harga tarifnya adalah sebesar 110 ribu Rupiah untuk kelas Premium dan sebesar 150 Rupiah untuk kelas eksekutif. Sedangkan untuk harga tiket kereta api Argo Parahyangan kelas ekonomi adalah mulai sekitar 80 ribu Rupiah. Dari Jakarta kereta Argo Parahyangan ini akan berangkat dan tiba di stasiun Gambir, dengan berhenti sejenak di stasiun antara yakni di stasiun Jatinegara, sedangkan di Bandung akan tiba di stasiun Hall Bandung. Kereta api Argo Parahyangan ini fasilitasnya cukup lengkap. Para penumpang sudah mendapat fasilitas bantal tanpa menyewa, dan tersedia stop kontak pada kursinya yang rata-rata dapat diputar dan direbahkan untuk tiduran yang lebih nyaman, serta juga dapat membeli makanan serta minuman di atas kereta. Jadwal keberangkatan kereta Argo Parahyangan ini dari Jakarta, stasiun Gambir adalah paling awal jam 05:05 WIB pagi dan yang paling akhir adalah pada jam 20:00 WIB malam. Secara total PT KAI mengoperasikan hingga 17 kereta Argo Parahyangan setiap harinya, dengan total terdapat 34 jadwal perjalanan Kereta api Argo Parahyangan.

Kereta Api Alternatif Jakarta Bandung
Selain kereta api Argo Parahyangan, maka terdapat kereta api alternatifnya yang bisa dipilih yakni ada kereta api Serayu, atau bisa juga jika mau menggunakan kereta api Malabar. Kereta api Serayu tersebut merupakan kereta api ekonomi AC, dengan tujuan akhir dan keberangkatan awal antara Jakarta, stasiun Pasar Senen hingga Purwokerto dan sebaliknya, dengan melewati Bandung, yakni di stasiun Kiaracondong. Jadwal Kereta api Serayu Pagi ialah berangkat dari stasiun Pasar Senen, Jakarta pada jam 09.00 WIB pagi dan akan tiba di Bandung, di stasiun Kiaracondong pada jam 12.25 WIB siang. Harga tiket Kereta api Serayu Pagi Jakarta Bandung pp adalah sebesar 70 ribu Rupiah. Sedangkan jadwal kereta api  Serayu Malam ialah dari Pasar Senen pukul 21.00 WIB malam dan lalu tiba di Kiaracondong Bandung pada pukul 00.13 WIB dini hari keesokan harinya. Harga tiket kereta api Serayu ini ialah sebesar 70 ribu Rupiah. Sedangkan kereta api Malabar melayani  rute Jakarta Malang dan sebaliknya lewat Bandung.  Kereta Malabar ini memiliki tiga jenis gerbong, yakni kelas ekonomi AC dan kelas bisnis serta kelas eksekutif. Kereta api Malabar diberangkatkan dan tiba di Jakarta di stasiun Pasar Senen, dan di Bandung di stasiun Kiaracondong. Jadwal Kereta api Malabar ini akan berangkat ke Bandung, stasiun Kiaracondong dari Jakarta, stasiun Pasar Senen tiap jam 16:00 WIB sore dan akan tiba pada jam 20:00 WIB malam. Lalu sebaliknya dari Bandung jam 8 pagi dan akan tiba di Jakarta jam 12 siang. Bagi penumpang rute Jakarta Bandung dan sebaliknya yang menggunakan kereta api Malabar ini maka tidak akan perlu membayar penuh tarifnya, namun cukup membayar sebesar sebagai berikut sesuai kelas gerbong tempat duduknya. Tarif harga kereta api Malabar rute Jakarta Bandung untuk gerbong kelas eksekutif sebesar 170 ribu Rupiah dan kelas Bisnis 130 ribu Rupiah serta kelas ekonomi AC sebesar 90 ribu Rupiah. 

Pilihlah jadwal dan jenis kereta sesuai keinginan dan kebutuhan serta besaran anggarannya, dan nikmati kenyamanan dan keamanan perjalanannya.
SHARE

About Ayead Gaptek

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment