Pertandingan Ulang Antara Anthony Joshua vs Andy Ruiz Jr. II

Mola TV Anthony Joshua vs Andy Ruiz Jr. II

Setelah berakhirnya pertarungan antara Deontay Wilder melawan Luis Ortiz, kali ini semua mata pecinta tinju dunia akan tertuju pada pertarungan besar berikutnya, yaitu Anthony Joshua melawan Andy Ruiz Jr II. Pertandingan ini akan diselenggarakan pada 7 Desember 2019, di Diriyah, situs Warisan Dunia UNESCO di Al-Turaif, Riyadh, Arab Saudi. Pertarungan ini memperebutkan gelar dunia kelas berat WBA (Super), IBF, WBO dan IBO secara bersamaan. Maka, pemenang dari pertarungan ini akan menjadi raja tinju kelas berat sesungguhnya!

Ini adalah pertarungan yang kedua antara mereka. Pada pertarungan pertama yang diselenggarakan pada 1 Juni 2019 yang lalu di Madison Square Garden, New York, Andy Ruiz Jr. secara mengejutkan mengalahkan Anthony Joshua dengan TKO di ronde ke-7. Pecinta tinju dunia sangat tersentak kala itu, bahkan dianggap sebagai salah satu pertarungan yang paling mengejutkan dalam sejarah tinju, seperti halnya Mike Tyson vs Buster Douglas pada 1990 dan Lennox Lewis vs Hasim Rahman pada 2001. 

Bagaimana tidak? Pada awalnya, Joshua dijadwalkan untuk menghadapi petinju kelas berat peringkat 2 WBA dan peringkat 3 WBO saat itu, Jarrel Miller. Namun pertarungan ini gagal dilaksanakan karena Miller gagal melewati tiga kali tes doping/narkoba. Sebenarnya Luis Ortiz adalah petarung yang diinginkan Joshua sebagai pengganti Miller. Namun setelah dilaporkan bahwa tim Luis Ortiz telah menolak dua kali tawaran untuk melawan Joshua, akhirnya Andy Ruiz Jr. lah yang menjadi penggantinya.

Sebelum pertandingan, Anthony Joshua sangat diunggulkan oleh para pecinta dan pengamat tinju. Dengan rekor kemenangan sempurna dan sebagai pemegang gelar-gelar bergengsi juara kelas berat tinju dunia, Joshua dianggap sebagai sang juara sejati. Namun, siapa yang menyangka? Ternyata seorang petinju dengan peringkat 5 WBA, peringkat 11 WBO, dan peringkat 14 IBF saat itu, yaitu Andy Ruiz Jr. alias “Destroyer” lah yang mampu benar-benar menghancurkan rekor sempurna Anthony Joshua alias “AJ”. Ruiz lah yang membuat Joshua merasakan untuk pertama kalinya bagaimana pahitnya merasakan kekalahan di ring tinju, terlebih lagi dengan TKO di ronde ke-7. 

Namun, semua sudah berlalu. Seluruh mata para penggemar tinju kali ini sudah tertuju pada pertarungan akbar 7 Desember nanti yang disebut “Clash of the Dunes”. Tentunya, Joshua sangat termotivasi untuk mengalahkan Ruiz kali ini, satu-satunya petarung yang dapat merobohkannya. Ruiz pun harus membuktikan kapasitas dan kemampuan sesungguhnya bahwa ia layak sebagai juara dunia kelas berat. 

Tidak sedikit pihak yang menganggap bahwa kemenangan Ruiz di partai sebelumnya hanya keberuntungan belaka. Di pertandingan ini kedua petarung harus membuktikan dirinya masing-masing kepada dunia. Bukan hanya tentang sabuk juara dunia kelas berat WBA (Super), IBF, WBO dan IBO, pertarungan ini adalah pertarungan harga diri.

Antusiasme para penggemar tinju menyambut pertempuran ini tidak perlu lagi diragukan. Pertandingan pertama saja sudah disiarkan secara langsung di 88 negara. Di Sky Sports Box Office, pertarungan ini mampu menjual 403.000 pay-per-view (bayar per tayang) di Inggris. Streaming langsung pertandingan pertama antara Joshua dan Ruiz ditonton oleh lebih dari 13 juta pemirsa di seluruh dunia, bahkan melampaui pertarungan panas tahun ini, Deontay Wilder vs Tyson Fury. Semua cerita, kejadian dan fakta tersebut justru membuat penggemar tinju dunia untuk semakin tidak sabar menantikan pertandingan ulang antara Joshua dan Ruiz!


SHARE

About Ayead Gaptek

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment