Kuatlah Menjalani Hidup! Ini Tips Mengurangi Depresi

Hal Menyenangkan

Saat ini semakin banyak orang yang menderita depresi. Apalagi World Health Organization atau WHO mengeluarkan laporan kalau dari tahun ke tahun jumlah orang yang menderita gangguan kecemasan tersebut semakin meningkat. Stress yang terlalu berlebih tersebut sering menjadi alasan orang buat bunuh diri. Sudah tahu kan kalau banyak artis-artis luar negeri yang bunuh diri karena depresi?

Makannya, kalau kamu mulai merasakan gejala gangguan kecemasan ini, kamu jangan self diagnose dan harus segera konsultasi dengan psikolog. Nggak hanya pergi ke psikolog, kamu bisa mengatasinya dengan tips-tips ini. 

Jangan Biarkan Kamu Sendiri
Orang sedang depresi akan merasa mereka sedang sendiri, sehingga mereka akan mengkhawatirkan masalahnya semuanya sendiri. Padahal, di saat kita sedang mengalami gangguan kecemasan ini, kita jangan sendiri dan mintalah orang terdekatmu buat membantumu. 

Di dunia ini kamu tidaklah sendiri, jadinya lebih baik kamu menceritakan beban pikiranmu pada sahabat atau orang terdekat lainnya. Kalau kamu memang mau sendiri dulu, usahakan kamu menjauhkan pikiran dari hal-hal yang negatif. 

Melakukan Hobi yang Disukai
Gejala orang yang terkena depresi adalah mereka menjauhkan diri dari hal-hal yang mereka suka, salah satunya hobi. Mereka yang awalnya suka dengan hobinya, tiba-tiba menjadi kurang berminat buat melakukannya, bahkan meninggalkannya. Padahal, kalau melakukan hobi yang kamu sukai, kamu bisa terhindar dari pikiran-pikiran yang negatif. 

Makannya, agar kamu nggak termakan dengan pikiran negatif, mulailah melakukan hobimu lagi. Entah mau mengekspresikannya dalam bentuk tulisan, lagu, seni, dan sebagainya. 

Makan, Minum, dan Istirahat yang Cukup
Orang yang sedang depresi sering banget melupakan kondisi kesehatan mereka, sehingga mengabaikan jam tidurnya, pola makan, serta jumlah asupan air putihnya. Kamu yang terus melakukannya pasti akan memperburuk kondisi psikologis dan kesehatanmu. 

Cobalah kamu buat memperdulikan kondisi kesehatanmu dengan mencukupi jumlah air putih, pola makan yang teratur, dan jam tidur yang teratur. Meski awalnya susah buat melakukannya lagi, kamu harus tetap komitmen dan berusaha agar kesehatan mentalmu kembali. 

Berolahraga buat Memperbaiki Suasana Hati
Kebanyakan orang yang depresi jadi lebih malas bergerak dan lebih suka berada di kasur. Nggak heran deh mereka yang kurang aktif bergerak jadi sering berpikiran negatif. Memang susah buat kembali aktif bergerak, tapi kalau kamu nggak memulainya lagi, bisa mempengaruhi kesehatan fisikmu juga. 

Tidak usah mematok berapa jam per hari kamu mau berolahraga. Asalkan setiap harinya kamu menyempatkan diri buat berolahraga, meski hanya 30 menit saja, itu sudah membantu kamu memperbaiki suasana hati jadi lebih baik. Berenang, jogging, jalan kaki, atau bersepeda jadi olahraga ringan yang bisa kamu lakukan setiap hari. 

Itu dia hal-hal yang wajib banget kamu lakukan buat menghindari dan mengurangi depresi. Tapi nggak ada salahnya juga kok kalau kamu ke psikiater atau tenaga profesional lainnya buat mengatasi gangguan kecemasanmu ini. Hanya saja, selalu tanamkan kata-kata positif dan dekatkan diri pada Tuhan agar kamu juga nggak gampang berpikiran negatif.
SHARE

About Ayead Gaptek

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. Artikel yang sangat menarik QQ untuk di baca gan. Thx atas tulisannya

    ReplyDelete