Tips Kelola Keuangan Bagi Pemilik Mobil Baru

Grand New Xenia

Beberapa waktu lalu Grand New Xenia muncul dipasaran, namun tak hanya Xenia ada banyak mobil baru dari berbagai pabrikan diperkenalkan dan dijual dipasaran Indonesia.
Memang memiliki kendaraan baru merupakan dambaan banyak orang, bahkan banyak sudah artikel diinternet yang memberikan tips membeli mobil baru yang bisa kamu ikuti langkahnya.

Nah bagi kamu yang sudah mempunyai mobil baru terutama yang baru pertama kali membeli mobil ada baiknya untuk membeca artikel ini sampai selesai, karena di artikel kali ini kami akan membahas cara merencanakan keuangan untuk pemilik mobil baru.

Tak dipungkiri jika anda baru pertama kali mempunyai mobil, aka nada banyak pengeluaran yang akan anda keluarkan, seperti :

1. Penambahan beban pajak
Mengganti motor dengan mobil berarti akan ada konsekuensi beban kenaikan pajak yang harus ditanggung. Misalnya saja, jika saat ini Anda menggunakan motor walaupun dua buah, dan sudah menggantinya dengan mobil 1500 CC maka harus siap menyisihkan kocek lebih beberapa ratus ribu rupiah untuk membayar pajak tahunannya. Belum lagi jika mobil yang akan dibeli berasal dari pabrikan terkenal dengan nilai jual tinggi.

2. Pengeluaran BBM Bertambah
Mengganti kendaraan juga bisa berimbas pada pengeluaran konsumsi BMM yang biasa Anda gunakan. Ada beberapa mobil yang harus menggunakan bahan bakar jenis tertentu, salah satunya dengan alasan untuk menjaga stamina mesin, dengan harga yang lebih mahal. Belum lagi jika mobil incaran justru lebih boros mengonsumsi bensin. Hal-hal seperti ini wajib diperhitungkan karena bukan tidak mungkin akan membuat Anda kebobolan di kemudian hari.

3. Perawatan
Membeli mobil tanpa perawatan rasanya seperti membuang uang sia-sia begitu saja. Setiap barang produksi pasti memiliki usia produktif, umumnya usia produktif mobil adalah lima tahun. Agar tunggangan Anda selalu dalam kondisi prima dan nyaman dikendarai, pastikan untuk rutin melakukan pengecekan atau servis berkala di bengkel resmi.

Tidak sedikit pemilik kendaraan yang mengabaikan pentingnya masalah servis berkala dengan tujuan hemat. Padahal, mengacuhkan rutinitas servis berkala justru akan membuat pengeluaran Anda bocor halus karena kendaraan malah akan menjadi yang "rewel" dan keluar masuk bengkel.

Oleh karena itu, pastikan Anda sudah mampu menyisihkan anggaran untuk servis berkala. Besarnya biaya servis berkala tergantung pada jenama dan juga bengkel. Pastikan Anda melakukan servis di bengkel resmi untuk menjamin kualitas kerja dan juga menghindari penggunaan suku cadang palsu.

Nah itulah beberapa tips beli mobil baru yang wajib kamu ketahui saat kamu akan naik kelas dari pengguna motor menjadi pengguna mobil. Selain itu semua tak ada salahnya juga menyiapkan anggaran untuk asuransi mobil kamu.
SHARE

About Ayead Gaptek

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment