Dokter Spesialis Prostodonsia di Depok: Cara Merawat Gigi dengan Benar dan Pengobatannya

Prostodonsia

Dokter Spesialis Prostodonsia di Depok adalah salah satu cabang dari ilmu di kedokteran gigi yang mempelajari gigi tiruan untuk menggantikan gigi maupun jaringan mukosa mulut yang hilang. gigi tiruan lepasan terdiri dari gigi tiruan lepasan lengkap (GTL) dan gigi tiruan sebagian lepasan (GTSL) dengan bagian-bagiannya adalah penahan (retainer), cengkeram, sandaran, konektor, elemen, basis, dan penahan tidak langsung. Gigi tiruan dibuat dengan tujuan : a. mengembalikan struktur jaringan rongga mulut yang berubah akibat hilangnya gigi; b. memperbaiki fungsi pengunyahan; c. memperbaiki fungsi pengecapan; d. estetis; e. menjaga kesehatan jaringan; f. mencegah kerusakan lebih lanjut dari struktur rongga mulut yang terjadi akibat hilangnya gigi; g. memelihara kesehatan dan fungsi sistem pengunyahan terutama pada usia lanjut.

Dalam pembuatan gigi tiruan terdapat banyak material yang dapat digunakan. Hal yang perlu diperhatikan dari material gigi tiruan adalah sifat bahan, baik secara fisik maupun mekanis. Sifat material yang baik adalah : a. daya serap air yang rendah; b. kekuatan mekanik tinggi; c. harga yang terjangkau; d. stabilitas warna yang baik; dan e. tahan terhadap cairan asam. Basis gigi tiruan dapat dibuat dari logam, non logam atau kombinasi logam dan non logam. Sejak tahun 1940 bahan yang paling sering digunakan untuk pembuatan gigi tiruan adalah resin akrilik. Resin akrilik banyak digunakan karena memiliki keuntungan seperti ringan saat di bawa, warna yang sama dengan warna gingiva, mudah pembuatannya, mudah dilakukan preparasi, bentuk stabil, tidak mengiritasi mukosa dan tidak toksik dan mudah dimanipulasi. Namun disamping memiliki banyak kelebihan, resin akrilik juga memiliki kerugian yaitu memiliki pori-pori yang membuat sisa makanan atau bakteri masuk ke dalamnya

Berikut adalah langkah merawat gigi untuk menghindari gigi berlubang diantaranya:

Tetap menyikat gigi setelah makan, minimal untuk 2 kali sehari untuk saat bangun tidur dan sebelum tidur.
Selalu membersihkan gigi dengan berkumur untuk dapat membuang semua plak dan bakteri dalam mulut, kumur gigi dapat dilakukan setelah menyikat gigi dan biasanya plak akan menjadi penyebab gigi berlubang.
Gunakan pasta gigi memiliki kandungan fluoride untuk melawan senyawa asam yang akan jadi penyebab rusaknya gigi dan untuk anak-anak sebaiknya berkonsultasi dengan dokter gigi dan mencari tahu batas kandungan aman untuk anak karena jika berlebihan dapat merusak.

Selain itu hindari makanan yang dapat menjadi penyebab gigi menjadi berlubang. Jika mengonsumsi makanan atau minuman manis akan membuat bakteri menumpuk dalam mulut. Selain itu hindari pemicu gigi berlubang dengan mengonsumsi sayur, buah, air putih dan keju. Dapat juga mengonsumsi permen karet yang dapat membersihkan berbagai sisa partikel yang terdapat dalam mulut.

Berikut adalah pengobatan yang diberikan oleh spesialis prostodonsia:

Implan gigi merupakan akar dari gigi buatan yang akan ditanam dalam gusi sehingga akan menahan gigi.
Amalgam merupakan gigi tambal yang berasal dari campuran logam.
Jembatan gigi yang digunakan bersama mahkota gigi atau gigi tiruan yang akan digunakan.

Dokter spesialis prostodonsia di Depok juga biasanya akan memberikan pengobatan berupa gigi tambal. Tambal gigi merupakan cara untuk mengisi lubang akibat terjadinya karies pada gigi setelah dibersihkan. Mahkota gigi dapat digunakan untuk menyembunyikan kelainan yang terjadi pada gigi dan pemasangan ini perlu diperhatikan untuk memperhatikan rasio pada gigi. Pemasangan veneer dapat dilakukan dengan cara meletakkannya pada permukaan gigi yang mengalami kerusakan dan melakukan bedah gigi, pemutihan gigi dan obturator maxillary.
SHARE

About Ayead Gaptek

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment