Ternyata Inilah Gejala Penyakit Ginjal Sering Kita Rasakan

Gejala penyakit ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh penting yang berfungsi untuk menyaring kotoran dan racun dalam darah. Ginjal bekerja menyaring kelebihan air dan limbah dari darah untuk kemudian dikeluarkan sebagai urine. Ketika fungsi ginjal terganggu, zat sisa limbah tubuh dan cairan yang menumpuk di dalam tubuh. Penumpukan ini akan menyebabkan gejala berupa pembengkakan, mual, muntah, lemas, dan sesak napas.

Penyakit ginjal dapat dipicu oleh kondisi lainnya, misalnya karena diabetes dan tekanan darah tinggi. Artinya, seseorang berisiko mengalami gangguan ginjal jika mengalami diabetes, tekanan darah tinggi, atau memiliki riwayat penyakit ginjal dalam keluarga. Gejala penyakit ginjal tergantung dari jenis penyakitnya dan apakah penyakit tersebut mengakibatkan penurunan fungsi ginjal. Beberapa gejala penurunan fungsi ginjal dan gejala penyakit ginjal secara spesifik, antara lain:

1.  Bengkak simetris pada kaki kanan dan kiri
Salah satu gejala yang dapat dilihat dan langsung terhubung dengan saluran kemih adalah membengkaknya kaki kanan dan kiri secara simetris. Hal tersebut disebabkan tidak dikeluarkannya urine dengan baik, yang berarti terdapat resistensi cairan di kedua kaki maka mengalami pembengkakan.

2.  Terdapat darah dalam urine (Hematuria)
Terganggunya ginjal yang ditandai dengan adanya darah dalam urine terlihat dari hasil pemeriksaan urine. Disebutkan, dari pemeriksaan urine tersebut akan terlihat banyak sel darah merah tetapi tidak kasat mata. Apabila mengetahui adanya perubahan warna urine, disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan laboratorium.

3.  Badan jadi gampang capek
Ginjal sehat akan terus memproduksi hormon eritropoietin secara teratur untuk meningkatkan produksi sel darah merah baru. Ketika ginjal mengalami kerusakan, produksi hormon eritropoetin menjadi menurun. Akibatnya, produksi sel darah merah yang membawa oksigen pun menurun. Ini membuat tubuh jadi mudah capek.

4.  Gatal-gatal
Terganggunya kerja ginjal membuat kotoran sisa metabolisme menumpuk. Hal ini akan berdampak buruk pada kulit. Penyakit ginjal dapat menimbulkan rasa gatal, ruam kemerahan, serta kulit kering. Jika gatal tersebut terus digaruk bisa timbul luka atau pendarahan ringan. Sayangnya, rasa gatal karena gejala sakit ginjal seringkali diabaikan.

5.  Selalu mual dan ingin muntah
Dalam kasus penyakit ginjal, gejala mual dan muntah muncul karena tumpukan limbah dan kotoran dalam darah tidak berhasil dikeluarkan. Hal tersebut dapat menyebabkan terganggunya pusat refleks muntah di otak dan sistem pencernaan, sehingga terjadilah mual dan muntah.

6.  Sesak napas
Tidak berfungsinya ginjal membuat cairan masuk ke dalam paru-paru melalui darah. Hal ini menyebabkan tubuh tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup di dalam tubuh, terutama paru-paru. Kurangnya oksigen dalam darah membuat tubuh Anda sulit berfungsi maksimal sehingga menyebabkan napas menjadi terengah-engah dan memburu.

7. Sakit pinggang
Bagi yang suka sakit pada bagian pinggang, baik kanan ataupun kiri, baiknya Anda waspada. Gejala sakit ini bisa saja disebabkan oleh batu ginjal. Kadang, gejala dari adanya batu ginjal tidak terlalu kelihatan jelas tapi kemungkinan besar akan menimbulkan nyeri pada pinggang akibat terjepitnya batu ginjal dalam ureter. 

8.  Kurang konsentrasi dan pusing
Ketika ginjal Anda tidak dapat bekerja dengan baik, oksigen akan sulit disuplai ke seluruh tubuh, terutama ke otak. Kurangnya suplai oksigen ke otak memicu terjadinya pusing, kurang konsentrasi, daya ingat yang lemah, dan kepala yang terasa kliyengan.

Beberapa faktor risiko, seperti usia atau riwayat keluarga, memang berada di luar kendali Anda. Akan tetapi, Anda masih bisa mengontrol faktor risiko penyakit ginjal lainnya yang mungkin dapat membantu memperlambat atau bahkan mencegah penyakit ini. Lakukan perubahan gaya hidup sehat seperti perhatikan asupan makanan Anda, olahraga secara teratur, berhati-hati ketika mengonsumsi obat-obatan dan konsumsi Nephrisol. Nephrisol adalah nutrisi tambahan khusus untuk gangguan ginjal yang dilengkapi dengan vitamin dan mineral serta mengandung protein yang terdiri dari asam amino esensial dan non esensial. Terdapat dua varian, yaitu Nephrisol untuk gangguan ginjal pre dialisis dan Nephrisol-D untuk gangguan ginjal dengan dialisis.

disadur dari:
SHARE

About Ayead Gaptek

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment