Kenali Gejala Multiple Myeloma, Kanker Darah yang Lebih Banyak Diderita Pria

Multiple Myeloma

Kanker darah merupakan salah satu jenis kanker yang berbahaya dan sukar disembuhkan. Kanker darah sendiri terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan sel darah yang diserang. Salah satu jenis kanker darah adalah Multiple Myeloma atau kanker plasma darah karena menyerang plasma darah. Kanker ini menurut penelitian lebih banyak menyerang pria dibandingkan para wanita. Kanker plasma ini belum bisa disembuhkan atau dihilangkan secara total. Namun jika diketahui lebih dini, penderita bisa mendapatkan perawatan untuk meminimalisir gejala yang dirasakan sehingga bisa beraktivitas dengan lebih baik.

Plasma merupakan salah satu bentuk dari sel darah putih yang berfungsi untuk membentuk antibodi. Alih-alih membentuk antibodi untuk menangkal infeksi, plasma yang sudah terserang oleh sel kanker ini justru membuat protein yang dapat merusak organ sendiri terutama ginjal dan tulang. Proses inilah yang kemudian memunculkan berbagai gejala yang dialami oleh penderita kanker plasma. Di tahap awal, justru kanker ini tidak menunjukkan gejala yang berarti dan baru di tahap lanjut, beberapa gejala ini muncul sesuai dengan tingkat keparahan yang sudah terjadi. Bagi Anda para pria yang ternyata memiliki resiko lebih besar terkena kanker plasma ini, berikut adalah gejala-gejala yang patut Anda waspadai:

1. Jumlah sel darah menjadi tidak normal.
Karena sel plasma yang terkena kanker menjadi bertambah dengan tidak terkendali, menyebabkan pembentukan sel darah lain menjadi berkurang. Hal ini dapat mengakibatkan beberapa kondisi seperti:

Anemia atau kekurangan sel darah merah yang ditandai dengan cepat lelah dan lemas.
Leukopenia yaitu kekurangan sel darah putih dengan ciri mudah terkena infeksi.
Trombositopenia yaitu kekurangan sel trombosit dengan ciri mudah terjadi pendarahan.

2. Gangguan pada pertumbuhan tulang dan mudah terjadi patah tulang.
Multiple Myeloma juga menyebabkan terbentuknya zat osteoblast yang memudahkan pelarutan sel tulang sehingga massa tulang berkurang. Anda akan merasakan beberapa gejala seperti:

Nyeri tulang terutama di punggung, pinggang dan kepala.
Osteoporosis.
Mudah terjadi patah tulang meski karena cedera ringan.

3. Hiperkalsemia.
Karena sel tulang mudah dilarutkan, terjadi penumpukan kalsium pada darah dengan ciri:

Haus berlebihan.
Dehidrasi.
Sering buang air kecil.
Sering merasa kebingungan.
Terjadi masalah pada ginjal dan sakit perut.

4. Gangguan saraf.
Jika sel kanker tumbuh di sumsum tulang belakang, beresiko besar mempengaruhi saraf karena tulang belakang memiliki banyak sel saraf. Gejala yang ditimbulkan adalah nyeri di tulang belakang, kram otot dan mati rasa di kaki.

5. Infeksi.
Karena sel darah putih lainnya menjadi berkurang, maka penderita sel kanker ini akan mudah terinfeksi penyakit.

6. Gangguan ginjal.
Akibat hiper kalsium pada darah dan sel kanker menyerang ginjal, terjadi gangguan pada ginjal seperti kaki menjadi bengkak, nafas pendek hingga merasa sakit di bagian pinggang.

Itulah gejala-gejala yang harus Anda waspadai terutama oleh kaum pria. Penyebab multiple myeloma dan cara pengobatannya sendiri belum diketahui sehingga pendeteksian dini sangat dibutuhkan untuk meminimalisir gangguan kesehatan yang bisa terjadi. Karena itu jika Anda mengalami masalah patah tulang cukup sering, pendarahan dan rasa nyeri di berbagai lokasi tubuh, tak ada salahnya untuk melakukan check up ke dokter dan memastikan apa penyebab gejala tersebut sehingga bisa diberikan penanganan yang lebih dini agar tidak menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.
SHARE

About Ayead Gaptek

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment