Memahami Pentingnya Miliki Asuransi Pendidikan untuk Anak


Pentingnya Asuransi Pendidikan

Biaya pendidikan yang makin tahun terus meningkat mau tak mau membuat saya berpikir dan cukup khawatir akan kelangsungan pendidikan  dua buah hati saya yang masih kecil. Padahal, saat ini usia saya sudah memasuki kepala empat dan produktivitas kerja tak seperti dulu. Untungnya, ada asuransi pendidikan yang bisa saja andalkan. 


Sebagian orang, bahkan orang terdekat saya masih ada saya yang memandang remeh pada asuransi pendidikan. Baginya, hal itu tak perlu karena anak pasti punya rezekinya masing-masing untuk menjalani hidup. Memang, saya tak menampik hal itu. Pasti ada jalan terbaik kalau mau berusaha. 

Namun, bagi saya, daripada sibuk mencari saat kebutuhan itu telah tiba, lebih baik saya menabung uangnya jauh-jauh hari untuk keperluan anak saya. Saya sadar betapa pentingnya memiliki asuransi pendidikan. Sebab, dengan adanya asuransi ini saya tak perlu lagi pusing memikirkan cara membayar pendidikan anak-anak saya yang makin mahal setiap tahun.

Seperti namanya, asuransi yang satu ini meliputi bidang pendidikan tertentu yang akan ditempuh anak nantinya. Asuransi ini akan memberikan uang pertanggungan dengan jumlah tertentu sesuai kesepakatan awal saat anak masuk ke TK, SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi. Dengan adanya asuransi ini, saya memiliki persiapan yang cukup matang jadinya.

Hal yang sering terjadi di masyarakat saat ini adalah orang tua kesulitan untuk mambayar uang pangkal pendidikan anak terlebih ketika peralihan masa dari satu jenjang sekolah ke jenjang sekolah lain. Apalagi kalau anak yang mereka miliki lebih dari satu dan anak-anak itu mendapat peralihan masa sekolah di tahun yang sama.

Kalau sudah begini, beban keuangan orang tua akan semakin mendesak. Tak jarang akan banyak orang tua yang rela berutang ke sana-sini untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak. Padahal, dengan asuransi pendidikan, hal ini tak akan terjadi. Asuransi pendidikan membantumu dalam mempersiapkan hal tersebut.

Setiap bulannya, saya memang diharuskan untuk membayar sejumlah dana premi yang besarnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. Kalau saya tak muluk-muluk, cukup sekolah biasa saja. Dengan begini, premi yang harus saya bayarkan tak begitu besar.

Keuntungan lain yang bisa saya dapat dari memiliki asuransi pendidikan ini adalah biaya pendidikan yang akan tetap terjamin meskipun nanti belum tentu saja berusia panjang. Yup! Bila nanti saya meninggal dunia dan tak dapat membayar premi lagi, biaya pendidikan anak saya akan tetap ditanggung.

Mereka akan tetap bisa mendapatkan pendidikan yang diinginkan tanpa adanya saya. Nantinya, pihak perusahaan asuransi akan mengatur semua pengeluaran yang berhubungan dengan pendidikan anak dan mereka juga akan menghitung kisaran biaya yang dibutuhkan untuk hal ini.

Manfaat Asuransi Pendidikan
1. Jaminan Kebutuhan dan Kepastian Pendidikan Anak
Menurut saya, ada banyak sekali manfaat yang bisa saya dapat dengan melindungi buah hati saya menggunakan asuransi pendidikan. Paling jelas, kebutuhan dan kepastian biaya pendidikan anak saya terjamin meskipun saat itu saya sudah tak ada di dunia ataupun saya mengalami cacat permanen yang membuat saya tak bisa bekerja lagi.

Sebab, ketika hal tersebut terjadi, maka pihak perusahaanlah yang akan menanggung semua biaya pendidikan mereka. Apalagi, biaya pendidikan ini bisa dicairkan dalam kurun waktu tertentu sesuai dengan jenjang pendidikan anak. Jadi, saya tak perlu bingung lagi mencari biaya untuk anak masuk sekolah.

2. Memiliki Nilai Investasi Tambahan
Asuransi pendidikan ternyata juga ada yang memiliki nilai investasi tambahan selain menjamin kelangsungan pendidikan. Beberapa investasi tambahan yang dimaksudkan adalah asuransi kesehatan. Ada juga asuransi pendidikan unit link yang mana sebagian dananya dialokasikan untuk investasi sehingga kamu bisa memperoleh keuntungan tambahan.

3. Melindungi Orang Tua
Bukan hanya anak saja yang bisa mendapatkan perlindungan dengan asuransi pendidikan ini. Namun, orang tuanya juga bisa mendapatkan perlindungan yang sama. Lebih tepatnya, perlindungan yang didapat adalah rasa tenang meskipun biaya pendidikan semakin mahal setiap tahunnya. Jadi, tabungan yang mereka miliki bisa digunakan untuk hal lain.

4. Pengaturan Keuangan Jadi Lebih Baik
Manfaat lain yang bisa didapat dengan memiliki asuransi pendidikan ini adalah kamu bisa mengatur keuangan jadi lebih baik. Ingatlah, biaya pendidikan adalah salah satu pos pengeluaran paling besar dalam keluarga. Oleh sebab itu kamu harus mengatur biaya ini dengan cermat.

Asuransi pendidikan adalah pilihan terbaik dan bisa membantu kamu mengalokasikan besaran anggaran pendidikan. Selain itu, ia juga sangat membantu kamu dalam membuatmu memiliki kebiasaan hidup hemat dan menabung. Kalau kamu memiliki uang berlebih, tak ada salahnya juga menabung di rumah.

Ini bisa jadi dana darurat khusus untuk berbagai hal salah satunya untuk biaya pendidikan anak. Tak hanya itu saja, sebenarnya asuransi pendidikan ini juga membantu dalam hal bertanggung jawab. Dengan terus membayar premi secara rutin, kamu akan terbiasa menyisihkan dana dari penghasilan untuk keperluan asuransi pendidikan anak.

Lindungi Keluargamu dengan Asuransi Pendidikan
Saat ini, ada banyak pilihan asuransi pendidikan yang bisa dimiliki. Kalau saya, lebih memilih untuk menggunakan asuransi pendidikan dari Sequis saja. Asuransi ini memiliki banyak produk yang bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan kamu. Mau yang preminya besar, ada. Mau yang kecil pun juga ada.

Beberapa produk asuransi pendidikan dari Sequis yang bisa kamu pilih adalah TelePro Beasiswa Berjangka, EduPlus, Sequis EduPlan Insurance, Sequis EduPlan, dan Sequis Global EduPlan Insurance yang semuanya memiliki kelebihan masing-masing namun tentunya akan memberikan perlindungan maksimal untuk buah hati dan keluargamu.

Dengan memiliki asuransi pendidikan, kamu akan terproteksi dari berbagai kemungkinan yang bisa terjadi kapanpun dan di manapun seperti sakit, musibah, kecelakaan dan lainnya. Keluarga kamu akan tetap terlindungi jika masa-masa sulit itu datang. Dalam keadaan ini, kamu dan keluarga tetap bisa merasa tenang dan aman.

Masa depan keluarga juga akan lebih terjamin dan terencana dengan asuransi pendidikan ini karena semua pendidikan anakmu sudah terjamin. Namun, kalau boleh saya sarankan, ada baiknya kamu memilih membeli asuransi pendidikan sejak dini. Kalau perlu, saat bayimu baru dilahirkan, belilah langsung asuransi pendidikan untuk persiapan pendidikannya. 

Jangan menunggu hingga mereka berusia 10 bahkan 15 tahun baru melakukannya. Sebab, semakin cepat kamu membeli asuransi pendidikan, maka akan semakin murahlah premi yang harus kamu bayarkan setiap bulannya. Sebaliknya, kalau kamu terus menunda untuk membelinya, maka akan semakin mahal biaya premi yang harus dibayar setiap bulannya. 

Jadi, apakah kamu sekarang sudah merasa bahwa memiliki asuransi pendidikan untuk anak itu penting? Kalau iya, segeralah beli asuransi pendidikan untuk menjaga masa depan anak lebih terjamin dan keluarga bisa terlindungi. Tak usah yang muluk, beli asuransi kesehatan dengan premi terjangkau saja. Paling penting, perlindungan yang didapat bisa maksimal!
SHARE

About Ayead Gaptek

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment