Hobi Gaming, Jangan Salah Beli Laptop!

Bermain game tak melulu harus dilakukan dengan PC yang lengkap dan berkutat di ruangan tertentu saja. Saat ini banyak loh laptop gaming yang dapat mengakomodir kebutuhan kamu untuk tetap nyaman bermain tanpa harus kehilangan waktu di luar rumah. 
Laptop Gaming

Laptop gaming biasanya punya spesifikasi tinggi yang desainnya juga benar-benar memperhatikan kenyamanan penggunanya. Naaah, itulah mengapa harga jualnya tentu jauh lebih tinggi daripada laptop yang biasa digunakan untuk mengetik atau desain. Jika notebook biasa harganya berkisar antara 3 hingga 5 juta tergantung fitur, maka laptop gaming bisa mencapai belasan hingga puluhan juta.

Jadi, sebelum salah beli, tak ada salahnya kamu baca ulasan lengkap di bawah ini, ya.

- Prosesor

Makin tinggi prosesornya, performa yang ditawarkan laptop gaming akan semakin baik. Itu berarti kamu juga dapat lebih nyaman bermain menggunakan perangkat tersebut. Saat ini laptop gaming sudah dilengkapi dengan prosesor tinggi, baik Intel maupun AMD. Nah, kalau biasanya durasi main game lama, maka perlu laptop yang menggunakan prosesor Intel karena terbukti lebih hemat daya dan tidak cepat panas. Yang tak kalah penting juga adalah kecepatan prosesor atau GHz-nya, untuk mendukung aktivitas gaming.

- RAM

RAM merupakan bagian penting dalam memilih laptop gaming dan setidaknya harus memiliki kapasitas paling tidak di atas 4 GB. Pastikan juga kamu menyediakan slot RAM tambahan untuk antisipasi dan dapat melakukan upgrade RAM saat diperlukan. Jenis RAM yang direkomendasikan adalah RAM DDR4, agar dapat menjalankan game yang tergolong berat yang banyak dimainkan saat ini.

- Media Penyimpanan

Untuk laptop gaming, ada baiknya kamu pilih laptop yang memiliki HDD minimal 1TB, mengingat saat ini rata-rata game memiliki ukuran yang besar dan memerlukan ruang penyimpanan yang juga besar saat di-install. Makin banyak game yang kamu install tentunya akan memerlukan ruang yang semakin besar pula, bukan?

- Baterai

Laptop yang akan digunakan untuk gaming tentu harus memiliki daya tahan yang tinggi dan kinerja yang andal. Jika menggunakan laptop biasa, memainkan game yang cukup berat paling lama hanya 2 jam, mungkin juga kurang dari itu. Kendati berkapasitas besar pun, baterai akan terasa cepat berkurang karena memang digunakan untuk bermain game.

Lebih baik menggunakan laptop gaming dengan baterai yang dapat dilepas atau removable karena dapat diganti ketika mengalami kerusakan. Namun juga harus diperhatikan bahwa baterai tidak boleh serta merta dicabut ketika game sedang berlangsung karena akan berdampak buruk pada komponen di dalamnya.

- Resolusi Layar

Tentu tidak ingin kan, kualitas gambar permainan yang tampil justru buruk dan kurang enak dipandang? Pilihlah layar yang minimal beresolusi FHD 1920x1080 dan ukuran 15,6 inch. Resolusi dan layar yang semakin besar akan membuat tampilan game lebih optimal dan tentunya berhubungan dengan VGA yang tertanam. 

- Keyboard

Kamu bisa pilih memakai keyboard bawaan yang jadi satu dengan badan laptop atau keyboard eksternal. Pastikan memilih laptop dengan keyboard yang sudah dilengkapi backlight dan numpad agar memudahkan kamu bermain dalam gelap dan mengetik angka-angka secara cepat.

- Harga

Tak salah jika ada ungkapan “ada harga ada kualitas”, hal itu juga berlaku pada laptop gaming yang rata-rata dibanderol dengan harga 10 jutaan ke atas. Makin tinggi harga yang disematkan, makin tinggi pula spesifikasi yang diberikan oleh vendor. Jadi, siap nabung untuk membeli laptop gaming yang mumpuni?
SHARE

About Ayead Gaptek

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment