Yuk, Ikuti 5 Tips Ini Sebelum Beli Sepeda Second Idaman

Hobby Bersepeda
sumber : Shopee.co.id 

Membeli barang second atau bekas memang bisa menjadi solusi pilihan yang paling ekonomis ketika kita ingin memiliki suatu benda atau barang yang diinginkan. Karena memang dengan membeli barang bekas atau second, kita bisa memiliki barang dengan harga yang jauh lebih murah dibanding dengan barang yang masih baru. Namun, untuk membeli barang bekas atau second kamu juga tidak bisa sembarangan langsung membelinya, karena bisa beresiko. Apalagi jika kamu membeli barang penting seperti sepeda, hal ini tentu saja memerlukan suatu ketelitian yang sangat jeli. 

Mungkin buat kamu yang memiliki hobby bersepeda dan berniat ingin membeli sepeda second atau bekas sering merasa kesulitan hal apa saja  yang diperlukan agar tidak menyesal setelah membelinya. Nah, agar kamu bisa lebih mudah dalam menentukan pilihan, kali ini kami telah merangkum 5 tips penting yang harus diperhatikan sebelum kamu membeli sepeda second atau bekas. Yuk, langsung saja simak beberapa tipsnya dibawah ini! 

1. Menentukan Jenis Sepeda 
Hal pertama yang harus dilakukan ketika kamu ingin membeli sepeda bekas adalah dengan menentukan jenis sepeda yang ingin kamu beli. Pilihlah jenis sepeda yang sesuai dengan kebutuhanmu, supaya kamu tidak menyesal nantinya. Untuk itu sebaiknya tentukan terlebih dahulu fungsi sepeda yang kamu butuhkan, apakah untuk keperluan berolahraga, transportasi atau rekreasi. 

Selain itu juga, kamu harus bisa memastikan apakah kamu membutuhkan sepeda untuk jalanan onroad atau off road. Jika kamu bergabung dalam suatu komunitas sepeda dan senang menggowes sepeda secara bersama - sama, sebaiknya pilihlah jenis sepeda yang banyak dipakai dalam komunitas tersebut. 

2. Menentukan Budget
Tips kedua yang harus kamu perhatikan adalah dengan menentukan budget yang kamu punya. Karena dengan menentukan budget maksimal, kamu bisa lebih fokus terhadap beberapa penawaran harga yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhanmu. Apalagi biasanya jika sepeda bekas dijual dengan rentang harga yang tidak terlalu jauh dengan sepeda baru. Sehingga kebanyakan orang sering membuat kesalahan dengan membeli sepeda bekas, namun dengan harga yang over price. Oleh karena itu, ada baiknya kita tetap berpegang teguh terhadap budget yang kita punya guys, agar tidak menyesal ketika sudah membelinya. 
.
3. Melakukan Research Sederhana 
Nah, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan ketika sudah menentukan budget adalah dengan melakukan research sederhana. Jika kamu seorang pemula yang baru memiliki hobby bersepeda dan memiliki pengetahuan terbatas tentang sepeda, sebaiknya jangan pernah membeli sepeda second atau bekas tanpa research atau mencari informasi terlebih dulu. Kamu bisa mencari informasi tentang sepeda yang ingin dibeli dengan cara berdiskusi dengan temanmu yang bergabung dalam komunitas sepeda. Selain itu kamu juga bisa mencari referensi melalui internet di toko online yang menyediakan jual beli barang bekas. 

4. Mengecek Kondisi Sepeda 
Jika kamu sudah mendapatkan jenis sepeda yang diinginkan maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengecek kondisi sepeda secara keseluruhan terlebih dahulu. Apakah sepeda yang dibeli ada cacat atau tidak. Kemudian setelah kamu memeriksa  secara kasat mata, lalu kamu bisa melakukan pengecekan secara detail mulai dari cek kondisi fisik dan kondisi sparepart sepedanya. Oh iya, jangan pernah ragu untuk selalu bertanya kepada penjual jika kamu merasa sepeda yang ingin dibeli terdapat kejanggalan atau ada kekurangan yang tidak sesuai dengan keinginanmu.

5. Meminta Garansi atau Jaminan Kepada Penjual 

Last but not least adalah meminta garansi sepeda second atau bekas kepada penjual sesuai kondisi sepeda yang telah dijelaskan. Contohnya saja tentang keaslian pada bagian - bagian dalamnya atau sparepart sepeda. Karena perlu kamu tahu bahwa tidak semua penjual akan bersikap jujur dan mau memberikan garansi. Itu sebabnya, kenapa kamu harus sangat teliti ketika memilih sepeda second dengan kondisi yang masih bagus. Jadi jika nanti terjadi hal yang tidak diinginkan, kamu bisa meminta pertanggung jawaban dengan adanya kartu garansi atau jaminan dari penjual. 

Itu dia beberapa tips efektif yang bisa kamu ikuti sebelum membeli sepeda second atau bekas agar kamu tidak menyesal nantinya. Semoga dengan menerapkan tips - tips di atas bisa membantumu untuk mencari sepeda second dengan kondisi yang masih bagus ya. Selamat mencoba! 
SHARE

About Ayead Gaptek

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment