Seberapa Besar Pasar Properti di Indonesia dan Bagaimana Trennya di Tahun Ini?


Pasar Properti

Tren properti di Indonesia semakin diminati oleh banyak orang di jaman sekarang. Bisnis atau pun investasi di bidang properti nyatanya memang menguntungkan. Prospek ke depan untuk pasar properti bisa dijadikan sebagai tabungan yang luar biasa. Pasar properti kini menjadi sangat ramai baik bagi para pemula maupun mereka yang memang sudah terbiasa berselancar dalam bisnis ini.

Tren pasar properti di tahun 2019 diprediksi akan menjadi semakin meningkat. Meskipun terdapat pemilihan presiden dan wakil Presiden pada bulan keempat di tahun ini, hal tersebut tidak berpengaruh pada pasar properti. Semuanya berjalan dengan normal dan stabil. Harga properti di akhir tahun 2019 dipastikan akan meningkat karena pemerintah telah menaikkan anggaran infrastruktur dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Pandangan dan Faktor yang Mempengaruhi Tren Pasar Properti Terkini
Hingga sekarang, 66% dari 100 persen responden mengatakan puas terhadap tren dari properti masa sekarang. Jika dilihat dari tahun sebelumnya, hal ini cukup menurun. Kepuasan dari pasar atau iklim properti memang didasarkan pada kenaikan harga yang terus melaju dengan stabil. Sedangkan mereka yang merasa tidak puas mengatakan bahwa alasannya adalah uang muka atau DP yang cukup tinggi.

Nasib bisnis properti ternyata juga bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut.

1.      Gaya hidup
Faktor pertama yang mempengaruhi tren pasar properti adalah perubahan lifestyle masyarakat. Kehidupan masyarakat yang menjadi semakin modern berpengaruh cukup besar bagi perkembangan bisnis properti di Indonesia. Masyarakat kini memiliki gaya hidup yang konsumtif. Dari situlah sektor properti bisa didongkrak

2.      Peningkatan Konsumsi Masyarakat
Faktor selanjutnya yang mempengaruhi tren pasar properti adalah peningkatan konsumsi masyarakat alias raising consumption. Mayoritas masyarakat Indonesia yang memiliki penghasilan yang mencukupi dengan mudahnya membeli berbagai produk yang ingin mereka miliki. Banyak dari mereka yang mengambil produk dengan cara mencicil.

3.      Sosial media
Media sosial ternyata juga memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap tren pasar properti. Semua orang sudah terbiasa untuk menggunakan media sosial. Akses untuk membuka media sosial sudah semakin dipermudah . Dengan demikian, tidak sulit bagi masyarakat untuk menemukan informasi mengenai properti melalui internet. Bahkan, Indonesia ternyata menduduki peringkat nomor 4 sebagai negara yang mengakses internet terbesar di dunia.

4.      Urbanisasi
Urbanisasi alias perpindahan penduduk dari desa ke kota memiliki pengaruh yang besar bagi pasar properti. Anda pasti sudah mengetahui dengan jelas bagaimana padatnya kota – kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan sekitarnya. Peningkatan urbanisasi selalu terjadi setiap tahun. Banyak masyarakat yang berkeinginan untuk mencari kerja dan tinggal di kota besar.

Oleh karena itu, banyak sekali pengembang properti yang tertarik untuk melebarkan sayapnya dalam mengembangkan bisnis properti yang mereka jalankan. Berbagai proyek properti kini mulai bertebaran di kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Medan, Balikpapan, Makassar, dan sebagainya.

5.      Masyarakat Ekonomi Asean
Kini, Masyarakat Ekonomi Asean alias MEA telah diberlakukan. Hal ini memiliki pengaruh yang besar bagi pasar properti di dunia. Adanya MEA mendorong para pebisnis properti dari dalam negeri untuk mengundang pengembang-pengembang dari negara lain untuk masuk ke Indonesia. Dengan demikian, kini semakin banyak saja para investor asing yang memiliki modal atau saham yang besar di Indonesia.

Cara Mendongkrak Pasar Properti Nasional
Bagaimana cara mendongkrak pasar properti nasional agar semakin maju? Salah satu faktor yang dapat dijadikan sebagai pendongkrak pasar properti yang ada di Indonesia adalah pertumbuhan ekonomi nasional. Diharapkan pertumbuhan ekonomi nasional akan semakin meningkat dari tahun-ke tahun.

Peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional bisa didorong dengan adanya perbaikan dan pembangunan infrastruktur dan memberikan kemudahan dalam melakukan investasi. Tidak hanya itu, para pengembang bisnis properti juga diharapkan bisa mencermati serta memanfaatkan peluang yang ada dengan sebaik-baiknya.

Pada tahun 2019 sekarang, persaingan bisnis properti menjadi semakin ketat. Kecanggihan teknologi dan perkembangan jaman yang terus maju menjadi salah satu hal yang membuat persaingan menjadi semakin ketat. Apalagi, tahun 2019 ini adalah tahun demokratis dimana Indonesia akan mengadakan sebuah moment besar Pemilu untuk menentukan pemimpin Bangsa Indonesia selama 5 tahun ke depan.

Sebagian besar memprediksi bahwa Pemilu tidak akan berpengaruh besar pada perkembangan sektor properti. Namun, ada pula yang yakin bahwa pengaruh psikologis dari Pemilu dengan sektor properti pasti ada. Beberapa pihak mengatakan bahwa produk properti seperti gedung perkantoran dan apartment dipengaruhi oleh iklim politik. Bahkan, banyak pula investor asing yang telah melirik pasar properti nasional Indonesia, namun mereka masih menunggu hasil pemilu. Hal tersebut membuktikan bahwa pengaruh pemilu tetap ada

Kunci Menghadapi Persaingan di Pasar Properti 2019
Di dalam sebuah bisnis, persaingan merupakan hal yang sangat wajar terjadi. Anda harus memiliki kunci tersendiri dalam menghadapi persaingan properti yang semakin ketat di tahun ini. Pebisnis properti diharuskan untuk lebih memperbaiki diri untuk menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang ada di tahun 2019.

Namun, hal tersebut tidak perlu diambil pusing. Daya beli masyarakat di tahun 2019 dipastikan akan meningkat. Banyak masyarakat yang berasal dari kalangan millennial yang tertarik dalam bisnis properti baik untuk bisnis maupun untuk konsumsi pribadi. Terlepas dari semua itu, para pebisnis tetap harus mempersiapkan diri untuk menghadapinya.

Kunci utama dalam menghadapi pasar properti yang semakin ketat di tahun 2019 adalah dengan meningkatkan kinerja penjualan. Kinerja penjualan harus terus ditingkatkan dengan berbagai macam cara yang efisien. Anda bisa melakukan promo atau pun hal menarik lain untuk menarik perhatian konsumen dengan perusahaan Anda.

Selain itu, inovasi dan kreativitas juga harus selalu ditingkatkan. Inovasi dengan menggunakan karya-karya baru dilakukan untuk membuat brand properti yang Anda usung menjadi semakin melejit di kancah masyarakat. Anda bisa melakukan diversifikasi produk agar brand properti yang didirikan semakin diminati oleh masyarakat luas.

Dapat disimpulkan bahwa tren pasar properti akan mengalami perubahan pada setiap tahunnya. Sebagai seorang pengembang properti, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan.

1.      Catatlah kebutuhan dengan keinginan pasar.
Pelajari apa yang sedang dibutuhkan dan diinginkan pasar. Ini bisa dilakukan dengan cara langsung atau pun melalui sosial media. Hal ini bisa dijadikan sebagai evaluasi diri untuk menjadi lebih baik lagi ke depannya.

2.      Kreatif
Usahakan untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas dalam menawarkan bisnis yang diciptakan. Pemasaran harus dilakukan dengan cara yang lebih menarik dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

3.      Bedakan perubahan tren pasar
Tren pasar yang selalu berubah-ubah membuat pengembang properti menjadi semakin kewalahan. Ini memang menjadi sebuah persoalan yang rumit. Namun, Anda tetap bisa melakukan analisa perubahan yang terjadi dalam jangka sementara atau pun dalam jangka panjang.

Pada umumnya, permintaan pasar sangat dipengaruhi dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat atau konsumen. Oleh karena itu, pengembang properti harus melakukan identifikasi secara terus menerus untuk mengembangkan produknya agar lebih menarik perhatian pasar.
SHARE

About Ayead Gaptek

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment