Print Kaos Sendiri Dengan Printer DTG

Ada kebanggaan tersendiri saat mengenakan baju yang modelnya hasil kreasi kita sendiri, termasuk baju kaos. Tinggal beli kaos oblong yang polos berbagai warna, cari gambar, bawa ke jasa print kaos langganan, jadi deh kaos kreasi sendiri yang tentunya hanya kamu yang punya. 

Print Kaos DTG

Keuntungan ini rupanya jadi alasan banyak anak muda yang akhirnya membuka bisnis clothing line, baik yang dilakukan sendirian ataupun modal urunan. Selain punya bekal kaos polos berbagai warna, bisnis sablon atau print kaos perlu benar-benar memperhatikan metode atau mesin yang digunakan. Salah satu pilihan cara print kaos yang bisa dilirik adalah print kaos DTG atau Direct to Garment, yang diklaim memiliki kualitas yang bagus dibandingkan cara sablon lainnya.

DTG sendiri sebenarnya adalah metode penyablonan yang tintanya langsung ditimpa ke kain melalui proses pre-treatment dan diakhiri proses heatpress. Nantinya, hasil print akan tercetak lebih bagus dan halus dengan berbagai warna yang cerah. Jangan takut luntur, karena tinta yang digunakan pun khusus untuk garment dan kualitasnya pun tidak perlu diragukan.

Bagaimana harganya?

Printer untuk print kaos DTG sendiri sebenarnya harganya bervariasi, tergantung dengan kualitas dan budget yang kamu miliki. Makin tinggi harganya, pastilah akan berpengaruh pada semakin tinggi spesifikasi dan kualitas dari hasil cetakannya di atas kain. Untuk itu, kamu juga harus jeli membandingkan harga dan spesifikasinya. Jangan sampai karena iming-iming strategi marketing tertentu malah membeli printer yang abal-abal. Yang harus diingat juga adalah penggunaan tinta yang original akan sangat berdampak pada hasil akhir, meskipun tidak masalah dari mana tinta yang kita gunakan berasal.

Karena harganya yang mahal itu tadi, baik mesin yang berasal dari USA, Jerman atau Taiwan, yang terpenting adalah proses perawatan pada mesinnya. Awet tidaknya mesin tak hanya dari kehati-hatian kita saat menggunakan, namun juga perawatan pada head print mesin yang jangan sampai mengalami kebuntuan, apalagi telat mengisi tinta yang habis. Itu berpengaruh lho! Seperti halnya printer biasa, tinta di dalam cartridge tidak boleh sampai kosong agar tidak buntu.

Apa saja keunggulannya?

Print kaos DTG memang diakui hasil akhirnya yang sangat baik, karena dapat mencetak gambar-gambar rumit seperti wajah orang dan proses pengerjaan yang dapati dilakukan dalam jumlah yang lebih kecil seperti satuan. Namun proses pengerjaannya dinilai lebih lama jika digunakan untuk produksi massal dibandingkan sablon manual, meskipun dari segi kualitas jauh lebih baik. Bahkan tidak semua clothing line memilih metode ini karena takut biaya yang dikeluarkan menjadi lebih mahal dan berdampak pada ongkos produksi.

Keunggulan dan kekurangan sebenarnya kembali lagi kepada kita sebagai pengguna dan produsen. Ada harga tentunya juga ada kualitas yang diberikan. Tinggal tergantung pilihan masing-masing. Mau digital printing atau metode DTG?
SHARE

About Ayead Gaptek

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment