Ciri Sakit Perut Sebelah Kanan karena Gas Usus

Gas usus merupakan sebuah kondisi di mana udara ditemukan di dalam bagian saluran pencernaan. Kondisi ini terjadi karena makanan yang tidak terurai secara utuh dan tidak mencapai usus besar. Anda akan mengalami sakit perut sebelah kanan bawah karena jumlah gas dalam tubuh meningkat disebabkan banyaknya makanan yang tidak dicerna dengan baik. 

1. Banyak Buang Angin
Anda akan mengalami ciri buang angin yang lebih banyak dari pada biasanya. Buang angin yang dialami bisa kentut atau pun sendawa. Kentut dapat terjadi sampai lebih dari 10 kali dan juga disertai sendawa yang mengeluarkan bau tidak sedap. Ini menunjukkan jumlah gas di dalam tubuh sudah sangat tinggi yang menandakan Anda juga mengalami gangguan pencernaan. 

2. Sakit Perut
Ciri yang juga dialami karena masalah gas usus yaitu sakit perut sebelah kanan bawah. Anda akan merasa nyeri terus-menerus di bagian kanan atas dan juga perut tengah serta di bagian bawah tulang dada. Sakit perut juga bisa terjadi setelah beberapa saat Anda selesai makan. 

Rasa sakit ini akan membuat Anda merasa sangat tidak nyaman, sehingga makan pun tidak selera. Bagian dada akan terasa sangat sesak dan membuat Anda tidak bisa tidur. Perut saat dipegang akan terasa keras dan membesar. 

3. Diare atau Sembelit
Ketika Anda mengalami gas usus juga akan merasakan ciri terjadinya diare atau sembelit yang tidak lancar. Masalah diare ini terjadi karena sistem pencernaan yang tidak lancar dan akibat dari makanan yang terlalu banyak menumpuk. Bahkan juga bisa disebabkan Anda melakukan kesalahan saat makan yaitu mengonsumsi makanan tidak bersih. 

Diare ini akan berlangsung selama gas di dalam perut masih terasa penuh. Anda dapat mengetahuinya dengan bentuk perut yang masih bulat dan terasa keras. Diare akan berhenti dengan sendirinya saat gas di dalam perut sudah keluar. Jadi penting untuk Anda terus melakukan buang angin dan minum air hangat agar terasa lebih lega. 

4. Badan Meriang 
Ciri lainnya yang akan dialami adalah Anda akan merasakan badan meriang secara tiba-tiba. Rasanya tidak nyaman dan membuat Anda susah tidur. Ketika mengalami masalah ini cobalah untuk beristirahat dan banyak minum air agar tidak mengalami dehidrasi dan memperparah kondisi tubuh. 

Namun jika masalah meriang yang dialami disertai dengan wajah memerah Anda harus lebih waspada dan segera melakukan pemeriksaan. Kondisi meriang dan wajah memerah sudah bukan menjadi ciri gas usu tetapi sudah mengalami penyakit usus buntu. 

Gas usus sering dianggap sebagai masalah yang tidak terlalu berisiko dan cenderung dianggap remeh. Padahal jika penyakit ini terus dibiarkan Anda akan mengalami penyakit yang lebih serius pada bagian usus. Jangan sepelekan ketika sudah mengalami sakit perut sebelah kanan bawah maupun atas. Segera cari tahu penyebabnya dan lakukanpengobatan dengan cepat. 

SHARE

About Ayead Gaptek

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment